LSM LAMI Padang Pariaman dan Pelita Sumbar Gagas Pengumpulan Sampah Berhadiah

0
121

PADANG PARIAMAN-Securitynews.
Plastik adalah jenis bahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ketika kita makan, minum dari botol, membawa barang, membungkus sesuatu, mungkin tak sedikit dari kita yang menggunakan plastik.

Namun tanpa kita sadari, sesungguhnya kita turut andil dalam menambah jumlah sampah plastik yang semakin menggunung dan sulit untuk terurai.

Sementara dampak buruk dari sampah Plastik dengan bahan-bahan beracun yang terkandung di dalamnya, dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan maupun lingkungan. Dampaknya yang serius bila masuk ke dalam tubuh dapat memicu terjadinya,Kanker. Endometriosis. Kerusakan saraf. Disrupsi endokrin.Cacat lahir. Kelainan perkembangan anak. Gangguan kesuburan. Gangguan organ reproduksi. Kerusakan sistem imun.
Asma. Terang Rismawati ketua LSM Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) DPC Padang Pariaman saat acara diskusi santai terkait rencana kegiatan kemasyarakan yang akan diusung dengan thema “Peduli Linngkungan” terhadap sampah plastik di kabupaten Padang  Pariaman.

Penggagas pengumpulan sampah plastik Berhadia tersebut Oleh pimpinan media online Pilita Sumbar.com yaitu Khairul Koto,dan ketua LSM LAMI yang dikomandoi oleh Rismawati ,dan korwil sumbar media online zonadinamikanews.com.

Rapat kecil tersebut juga di hadiri oleh rekan rekan relawan yang tergabung dalam kepengurusan yang di sebut JOP dan lembaga (KSM) dan dikukuhkan 27-7-2022 Lubuk Aluang.

Lebih jauh Rismawati mengatakan, Kegiatan kemasyarakan dengan thema “Peduli Lingkungan” terhadap sampah plastik di kabupaten Padang Pariaman,dan akan dilaksanakan di  tiga item, Goro bersama pengurus JOPdan lembaga (KSM) pada tumpukan sampah plastik dipasar pasar dan dipantai, menjemput harapan masyarakat tentang sampah di rumah warga dengan cara memberikan satu kantong plastik untuk mengumpulkan sampah dan ditukarkan atau hadia berupa alat dapur. Dan selanjurnya akan di kumpulkan dikantor JOP.

Rismawati menjelaskan, Kerusakan organ multipel bagi lingkungan dampak plastik dapat menimbulkan pencemaran, baik di tanah, air, maupun udara. Di tanah plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan dapat menyebabkan banjir.

Di udara, komponen plastik yang bertebaran dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebagai contoh, plastik jenis polyvinyl chloride (PVC) yang mengandung halogen, akan memproduksi dioksin apabila dibakar. Dioksin adalah salah satu komponen paling berbahaya yang dihasilkan oleh manusia.

Karena itu, mari kita jaga kesehatan  lingkungan dengan memilih dan mengelola plastik secara tepat. Saat berbelanja, bawalah tas sendiri dari rumah. Manfaatkan sampah plastik yang tidak terpakai menjadi benda yang berguna.(Zul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini