Kapolres Tulang Bawang di Acara Syukuran Hari Jadi Ke-74 Polwan RI

0
59

Tulang Bawang-Securitynews.id.Polda Lampung, menggelar acara syukuran memperingati Hari Jadi ke-74 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia (RI) secara sederhana.

Acara syukuran Hari Jadi ke-74 Polwan RI ini berlangsung hari Kamis (08/09/2022), pukul 16.30 WIB, di aula Mapolres setempat.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolres Tulang Bawang, AKBP Hujra Soumena, SIK, MH, Ketua Bhayangkari Cabang Tulang Bawang, Ny. Hesti Hujra Soumena, PJU Polres, Polwan, PNS, dan Bhayangkari.

Acara diawali dengan menyaksikan langsung acara syukuran Hari Jadi ke-74 Polwan RI secara virtual dari Mabes Polri, dan kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran di wilayah masing-masing.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan, sejarah peringatan hari lahirnya polwan berawal dari peristiwa Agresi Militer II Belanda, sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum perempuan dari semenanjung Malaya. Mereka menolak diperiksa dan digeledah secara fisik oleh kaum pria.

Dari peristiwa tersebut, pemerintah Indonesia menunjuk Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk membuka pendidikan Inspektur Polisi pertama bagi kaum perempuan. Setelah melalui proses seleksi, terpilihlah enam remaja perempuan asal negeri Minang untuk mengikuti pendidikan tersebut yang dimulai pada tanggal 1 September 1948.

“Keenam remaja yang terpilih tersebut bernama Mariana Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein, dan Rosnalia Taher. Sehingga setiap tanggal 1 September diperingati sebagai hari lahirnya Polwan,” ucap AKBP Hujra.

Menurutnya, Polisi adalah alat negara yang diberikan kewenangan untuk menjaga kamtibmas dalam negeri. Untuk itu, diharapkan agar Polwan tidak semata-mata untuk melayani ke dalam saja, tapi juga untuk keluar .

Polwan memilik tugas yang sangat komplek, selain sebagai istri dan ibu untuk anak-anaknya di rumah. Dia juga dituntut untuk bekerja layaknya seperti Polisi laki-laki (Polki) saat berdinas. Sehingga Polwan harus pandai membagi waktu untuk dinas dan keluarga.

“Selamat Hari Jadi ke-74 Polwan RI, mudah-mudahan di usianya yang sudah matang ini, profesionalitas, dan integritas semakin meningkat,” ujar perwira menengah (Pamen) dengan melati dua dipundaknya.

Di tempat yang sama, Ketua Bhayangkari Cabang Tulang Bawang yang merupakan ibu asuh Polwan Polres Tulang Bawang mengucapkan selamat Hari Jadi ke-74 Polwan RI.

“Setiap memperingati hari ulang tahun (HUT) terkandung dua makna, yang pertama sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan yang kedua sebagai bahan introspeksi serta evaluasi di dalam pelaksanaan tugas-tugas organisasi, sehingga akan meningkatkan, memperkuat, semangat, dan komitmen pengabdian dimasa yang akan datang,” ucap Ny. Hesti Hujra.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh Polwan yang ada di Polres Tulang Bawang untuk selalu memupuk rasa persatuan dan kesatuan, serta saling berempati satu dengan yang lain.

“Bekerjalah dengan ikhlas. Untuk menjadi Polwan itu tidak mudah karena melalui seleksi yang ketat, maka bersyukurlah setelah menjadi Polwan. Jaga nama baik keluarga dan institusi Polri,” ujar Ketua Bhayangkari Cabang Tulang Bawang.

“Selamat Hari Jadi ke-74 Polwan RI, semoga Polwan Indonesia semakin jaya,” imbuhnya.

Kapolres lalu memotong nasi tumpeng dan memberikannya kepada Polwan senior yakni Bripka Donna Maulina Sari, dan Ketua Bhayangkari Cabang Tulang Bawang memotong kue ultah dan memberikannya kepada Polwan termuda yakni Bripda Ester Yohana.

Kegiatan acara syukuran Hari Jadi ke-74 Polwan RI diakhiri dengan foto bersama Kapolres, Ketua Bhayangkari Cabang, Wakapolres, dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang dengan seluruh personel Polwan Polres Tulang Bawang. (Ahmad.s)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini